7 Safety Riding Tips Sebelum Berkendara atau Touring

 

Mempersiapkan segala sesuatu sebelum berkendara memang sangat penting terlebih perjalanan jarak jauh , untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan ,maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dingat agar bisa mengurangi resiko kecelakaan , hal hal dibawah ini bukan berarti melindungi hanya mengurangi atau mempersiapkannya (agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan).

Memang saat kita berkendara di jalan tidak akan ada hal yang pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri kita, sebelum berangkat berkendara berdo’a terlebih dahulu agar alloh selalu melindungi kita, kemudian tidak lupa juga untuk menggunakan komponen wajib berkendara seperti helm ,jaket dan masih banyak lagi lainya. Untuk itu langsung saja simak ulasanya dibawah ini mengenai beberapa yang harus digunakan untuk riding jauh agar lebih safety dijalan saat menggunakan sepeda motor.

  1. Helm
    Helm adalah komponen yang sangat penting dan wajib digunakan saat berkendara, helm juga hal yang wajib dan harus digunakan untuk melindungi bagian yang sangat vital yaitu kepala (sistem kerja manusia yang berisi pusat untuk menyimpan informasi ) Helm juga bisa bermanfaat untuk melindungi kepala dari resiko benturan dengan benda yang keras dan juga melindungi kepala dari gesekan aspal apa bila terjadi kecelakaan/terjatuh. Helm yang banyak digunakan dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya ada jenis full face dan juga ada half face, dengan harga yang terjangku (raturan ribu ) sampai harga jutaan rupiah, yang paling utama dalam memilih helm adalah yang sudah berlabel SNI /DOT /SNELL , kemudian cocok untuk digunakan di kepala anda , dan mempunyai pengikat yang kuat. Menurut penelitian yang dilakukan pada 2008 tentang pengendara sepeda motor yang mengalami kecelakaan, hasilnya menyimpulkan bahwa helm mengurangi risiko cedera kepala sekitar 69% dan kematian hingga 42%,
  2. Jaket.
    Jaket juga menjadi alat untuk mengurangi resiko gesekan yang akan terjadi di aspal apabila terjatuh/kecelakaan, Jaket juga berfungsi untuk melindungi pengendara dari hembusan angin dan air saat terjadi hujan. Untuk memlih jaket yang bagus pilihlah yang sudah waterproff dan airproff agar saat digunakan nyaman dan praktis . Pilihlah jaket yang mempunyai ukuran yang pas saat digunakan di badan anda, kemudian cari bahan yang tidak mudah robek, sirkulasi udara lancar dan juga jika sangat di perlukan cari jaket motor yang sudah ada fitur body protector dan juga elbow protector
  3. Celana Panjang /Jeans dengan protector
    Celana dengan memiliki protector sangat direkomendasikan untuk berkendara hal ini tentunya bisa mengurangi resiko saat terjatuh dan juga fungsi dari menggunakan celana panjang adalah mengurangi dinginnya hembusan angin dingin saat di jalan. Anda bisa memilih celana panjang yang memiliki ukuran pas saat digunakan , kemudian bahan yang tidak murah robek, kalau perlu khusus celana untuk berkendara. Sekarang ini juga sudah tersedia celana panjang yang khusus untuk berkendara yang dilengkapi dengan waterproff , ada juga yang dilengkapi dengan knee protector juga dan harganya mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal tergantung spesifikasi dari celana panjang tersebut.
  4. Sarung Tangan
    Glove atau dalam bahasa indonesianya adalah sarung tangan ini berfungsi untuk mengurangi resiko pada bagian tangan dan juga jari jari agar tidak lecet saat jatuh dari motor selain itu juga sarung tangan akan membuat grip tangan ke handle gas maupun stang saat memegang tidak licin. Anda bisa memilih sarung tangan yang memiliki ukuran pas dan juga terbuat dari bahan karet , tidak terlalu kaku ,ada sirkulasi udara yang masuk ke sarung tangan dan memiliki harga yang murah.
  5. Sepatu
    Sepatu juga memiliki peran penting saat kita berkendara ,khususnya untuk orang yang suka ridding jarak jauh (touring). Sepatu berfungsi untuk mengurangi resiko pada kaki lecet saat jatuh dari motor dan juga dapat membuat kaki nyaman diatas footrep ,sepatu yang bagus sebenarnya sepatu yang pas untuk digunakan ,terlebih sepatu yang mengikuti alur kaki dan cocok untuk memindah gigi transmisi dengan mencukil keatas ataupun kebawah . Anda bisa memilih sepatu yang nyaman , ukuranya pas dan tentunya memiliki harga yang murah. Cari sepatu riding yang menutupi mata kaki dan waterproof sehingga kaki anda tidak basah saat hujan tiba.
  6. Masker
    Maker berfungsi untuk menyaring udara yang akan terhirup oleh hidup yang menuju ke paru paru, agar udara yang masuk bersih maka bisa menggunakan masker, karena di jalan polusi udara sudah banyak yang tercemar walaupun tidak semua kota, ditambah juga debu yang bisa membuat kita batuk batuk. Anda bisa memilih masker yang tidak menggangu dalam sistem pernafasan dan juga memiliki ukuran yang pass saat digunakan selain itu masker juga berfungsi untuk menutupi hidung dan mulut anda.
  7. Knee dan Elbow Protector
    Safety riding selanjutnya adalah Knee dan Elbow Protector.safety gear ini hanya tambahan karena apa bila anda tidak mempunyai jaket khusus atau celana khusus maka bisa membeli part aksesoris ini agar saat berkendara jarak jauh lebih safety. Jika dilihat dari namanya tentunya alat ini bisa mengurangi resiko pada lutut dan juga bagian lengan pengendara saat jatuh dari motor. Pilihlah bahan yang bagus dan memiliki ukuran yang pas saat digunakan ditambah lagi dengan engselnya yang tetap nyaman digunakan.
BACA JUGA  7 KESALAHAN MENGEMUDI YANG HARUS ANDA KETAHUI

sumber :

  • Wijaya Kusuma S – Founder IOF, pengamat keselamatan jalan raya
  • https://www.modifikasi.co.id/2466/7-safety-riding-tips-sebelum-berkendara-atau-touring/
Contact

Keterangan lebih lanjut hubungi kami

 

CONTACT INFORMATION REGISTRATION

Telp                : (021)-835-3685

Fax                  : (021)-837-08359

Mobile           : 0811-8542-888

Email              : temmy@ordtraining.com

       DAFTAR ONLINE