Indonesia menyelesaikan lomba AXCR dengan kemenangan

PHNOM PENH, KAMBOJA – Start leg ke 6 atau final leg Sabtu (18/8) dimulai dari LBN Asian Hotel, Khampong Cham, Kamboja berjarak total 137 km. SS ke 6 adalah yang terpendek dari semua SS di ajang Asia Cross Country Rally 2018 kali ini. Hanya berjarak 23 km setelah itu peserta akan disambut dengan closing ceremony.

Irma Ferdiana yang start pada posisi ke 12 tampak bersemangat. Mendekati finish, Norihisa Matsumoto yang start posisi ke 16 mencoba mengejar Irma. Namun Irma berhasil mempertahankan posisinya. Irma finish di posisi ke 12 dengan catatan waktu 31 menit 24 detik.

Sementara itu Ayu Windari yang start pada posisi ke 18 menyelesaikan SS ke 6 dengan baik. Ayu finish tepat dibelakang Irma dengan catatan waktu 32 menit 53 detik. Duo srikandi ini berhasil mempertahankan posisinya di kategori wanita. Bertemu di road section menuju finish, Irma Ferdiana dan Ayu Windari langsung berpelukan dan bersyukur.

Di tim mobil Memen Harianto dengan co-driver Rimhalsyah dan Lody Natasha berhasil finish ke 17 dengan catatan waktu 39 menit 55 detik. Ini adalah pencapaian terbaik dari yang mereka perjuangkan. Sebelumnya, selain terkendala pada patahnya mounting bypass shockbreker belakang, Memen dkk harus berjuang membantu motor Ayu.

Setelah closing ceremony, seluruh peserta kejuaraan AXCR 2018 menuju Diamond Island Convention Hall untuk makan malam dan penganugrahan piala. Tim JNE Furukawa Battery Indonesia Rally Team berhasil menyabet juara 1 dan 2 di kategori motor wanita. Juara ke 1 dinobatkan kepada Irma Ferdiana dengan catatan waktu keseluruhan 22 jam 57 menit 15 detik. Dan juara ke 2 diterima oleh Ayu Windari dengan perolehan waktu keseluruhan 23 jam 41 menit 12 detik. Selamat kepada Irma dan Ayu!

Dua wanita asal Jember, Jawa Timur ini dari awal menjadi perhatian peserta maupun media internasional. Banyak yang mengabadikan momen bersama mereka. Selain dari parasnya yang cantik, keduanya juga jago gaspol dijalur offroad. Tentunya ini akan menjadi pertimbangan bagi rider lain pada kejuaraan AXCR berikutnya.

Sedangkan di kelas motor pria, Yoshio Ikemachi dari tim FB International menorehkan waktu tercepat dengan catatan waktu 13 jam 50 menit 49 detik dan keluar sebagai juara ke 1. Di kategori mobil, juara AXCR tahun lalu yaitu Natthaphon Angritthanon kembali merebut juara pertama dengan overall waktu 10 jam 43 menit 32 detik.

Dengan dinobatkan-nya para juara AXCR 2018, ajang ini resmi telah selesai. Semoga para pemenang dan partisipan mendapatkan kepuasaan dari apa yang telah diraihnya. Sampai bertemu di AXCR mendatang!.