fbpx

Salah satu faktor pendorong keselamatan terpenting di jalan bukanlah fitur mobil berteknologi tinggi, melainkan sikap dan ke biasaan kita  atau gaya mengemudi yang harus dipelajari oleh kita. Kita berbicara tentang mengemudi defensif. Anda mungkin pengemudi cukup hati-hati , tetapi jika Anda berada di jalan dengan pelbagai situasi yang kemungkinan terjadi dan menimbulkan semua jenis bahaya, maka risiko kecelakaan akan tetap tinggi. Anda tidak dapat mengendalikan pengemudi lain di luar sana namun demikian Anda dituntut menempatkan diri Anda dalam posisi untuk merespons secara efektif jika terjadi sesuatu.

Mengemudi defensif tidak melulu mengenai bagaimana cara mengemudi namun yang utama dalam defensive driving adalah tentang mewaspadai potensi masalah dan menerapkan langkah-langkah untuk menghindarinya sebelum terjadi. Ini proaktif, bukan reaktif. Ketika bahaya tiba tiba datang, Anda tahun bagaimana anda bersikap secara spontan yang menjadi pertahanan utama Anda. Itulah alasan yang sangat penting bagi Anda untuk belajar mengemudi defensif; Belajar dapat menyelamatkan hidup Anda.

Alasan berbeda mengapa belajar mengemudi defensif dapat menyelamatkan hidup Anda?

1. Anda belajar mengemudi dengan selalu aman dengan menerapkan teknik mengemudi yang bebas kecelakaan. Siapa yang mau terlibat dalam kecelakaan di jalan? Paling tidak, ini keclakaan akan sangat merepotkan dan biaya yang mahal. Jika ada cara bagi Anda untuk menghindari kecelakaan dan menghindari kecelakaan jalan lainnya, maka Anda harus mempelajarinya.

2. Anda menguasai kendara yang anda kemudikan dan anda menguasai mengemudi dalam cuaca buruk. Apakah mengemudi dalam situasi jalan yang basah dan licin, angin topan yang kuat atau banjir, Anda perlu tahu apa yang harus diantisipasi dan apa yang harus dilakukan jika ada skenario  ini terjadi.

3. Anda harus mengetahui berbagai kondisi mengemudi yang buruk, termasuk menavigasi di lingkungan yang tidak dikenal. Selalu ada berbagai situasi di luar sana yang memengaruhi seluruh dinamika berkendara. Penting bagi Anda untuk mengetahui masalah apa yang mungkin Anda temui dan tindakan apa yang harus diambil untuk tetap aman.

Ada banyak bahaya yang dijalanan, tetapi mereka dapat mengatasinya dengan mengambil pelajaran mengemudi defensif.

Please follow and like us:
error
X