Apasih bedanya Defensive Driving dan Safety Driving

Banyak orang yang bertanya tanya apa sih bedanya defensive driving dan safety driving, Toh dua duanya adalah Safety alias mengendara dengan selamat.  “Defensive driving merupakan perilaku mengemudi yang dapat membuat kita terhindar dari masalah, baik yang disebabkan oleh orang lain atau diri kita sendiri,”  jelas Wijaya Kusuma Subroto, Pendiri IOF dan Pembalap Suzuki Motorsport.  Dengan merubah perilaku kita maka kita membiasakan diri dengan safety-driving environment  atau budaya Safety Driving. Nah Safety Driving hanya melulu berkaitan dengan keselamatan berkendara kita sendiri dan kecakapan mengemudi, sedangkan Defensive Driving lebih dari itu, kita bertanggung jawab pada diri kita sendiri, kendaraan kita dan lingkungan kita atau orang lain pengguna jalan lainnya.

Dengan defensive driving maka akan menurunkan angka kecelakaan karena tidak cakapnya mengemudi, kealpaan atau karena kurang hati hati seperti penggunaan telepon genggam, terganggu karena penumpang dan lain sebagainya.   Sekecil apapun kecelakaan akan mengakibatkan kehilangan jam produktif bahkan kerugian harta benda.

Banyak yang tidak memperhitungkan kerugian ikutan akibat kecelakaan itu sendiri. oleh karena itu didalam Defensive Driving diberikan pemahaman tentang mindset atau pola pikir pengendara agar selalu memikirkan keselamatan. 

Wijaya Kusuma menjelaskan bahwa “Jadi defensive driving bukan menggambarkan skil berkendara namun lebih pada kemampuan pengendara dalam melihat lebih jauh tentang orang lain yang berada dilingkungan sekitarnya dan dampak dari keputusan yang dibuatnya ” 

ORD memberikan Program pelatihan yang komprehensif  berkaitan dengan Defensive Driving. Hal ini sangat membantu mengurangi potensi risiko kecelakaan kendaraan bermotor, terutama transportasi darat seperti bus, truk atau kendaraan roda empat ringan lainnya. 

Dengan metode pelatihan yang mengacu kepada British Safety Council maupun International Association for safety trainer dan dikombinasikan dengan kondisi jalan raya di Indonesia maka diharapkan peserta training dapat dirubah pola pikirnya dan mengutamakan selamat diatas segalanya. 

BACA JUGA  7 KESALAHAN MENGEMUDI YANG HARUS ANDA KETAHUI

Nah anda mau Defensive Driving atau Safety Driving ?

 

Contact

Keterangan lebih lanjut hubungi kami

 

CONTACT INFORMATION REGISTRATION

Telp                : (021)-835-3685

Fax                  : (021)-837-08359

Mobile           : 0813-2980-9263

Email              : frida@ordtraining.com

       DAFTAR ONLINE  

PT ORD REKACIPTA DINAMIKA