Jangan Panik  ! Jika Rem Blong, Lakukan Hal Ini

Banyak sekali cerita tentang Bis Rem Blong atau Truk kelebihan beban mengakibatkan rem blong,  Tak jarang sampai menimbulkan korban jiwa. Tentunya Anda enggak mau dong sampai mengalami hal ini pada mobil kesayangan. Kejarian di Subang baru baru ini PO Purnama  Sari yang mengangkut penumpang Petugas Posyandu Depok saat mau liburan ke Tangkuban Perahu.   Bus melaju kencang, penumpang mengiranya supir ugal ugalan dan meminta menurunkan kecepatan, namun yang terjadi adalah Bus tidak bisa dikendalikan karena rem blong,

“Ketika suhu komponen rem terlalu panas akibat sering melakukan pengereman dalam jangka waktu lama, sifatnya air kan kalau panas akan mendidih.

Nah, ketika mendidih ini lah akan muncul gelembung-gelembung udara atau yang sering disebut angin palsu. Ini yang kerap membuat rem jadi blong,” jelas  Jaya panggilan akrab WIjaya Kusuma dari ordtraining.com 

Di kawasan perbukitan, atau jalan yang menanjak dan menurun, mobil mendapatkan gaya dorong tambahan sehingga kendaraan mendapatkan beban pengereman dua kali lipat daripada jalanan lurus. Hal ini sering kali mengakibatkan rem blong, hal itu dikarenakan rem harus bekerja esktra sehingga menjadi overheat. Umumnya rem blong terjadi karena mendidihnya minyak rem yang terdapat didalam saluran minyak rem. 

Jika anda merasakan hal ini (rem blong) maka ketenangan diperlukan.  Kalau rem blong sepanjang masih ada minyak rem di tabung reservoir minyak rem maka “rem masih berfungsi namun terjadi penyusutan kinerja rem,” kata Wijaya Kusuma saat ditemui di Bengkel Suzuki Pondok Indah dalam rangka mempersiapkan mobil rallynya berlaga di AXCR.

Usahakan anda tidak panik, dan sebenarnya masih ada upaya memperlambat laju kendaraan, diantaranya mengusahakan pindahkan transmisi ke gigi yang lebih rendah dengan cara yang tidak normal, misalnya, dari 5 ke 4, injak kopling kemudian lepaskan koplingnya ,” ujarnya.

BACA JUGA  3 Pengecekan Ban yang Jarang Dilakukan Pemilik Mobil

“Injak dan lepaskan berkali-kali supaya efek engine brake itu terasa, jika belum melambat, lakukan perpindahan terus-menerus ke gigi yang lebih rendah,” tambahnya.

Cara lain adalah dengan memompa rem dengan cepat sehingga rem terasa kembali meninggi. Mendidihnya minyak rem membuat adanya gelembung udara didalam saluran rem dan tabung penampung minyak rem. Ini lah yang menyebabkan rem menjadi blong, karena rem berisi angin sehingga tidak pakem saat diinjak. 

Kalau anda merasakan hal ini, pertama jangan terlalu sering menginjak rem secara terus menerus, usahakan mengurangi kecepatan dengan menggunakan gigi rendah dan terakhir bila sudah merasakan blong, hentikan kendaraan. Periksa minyak rem dan beban muatan anda. Kalau minyak rem sudah keruh ganti minyak remnya , demikian pula bila beban kendaraan terlalu penuh kurangi !! 

PT ORD REKACIPTA DINAMIKA