Kenapa Perlu Pelatihan Berkendara Sepeda Motor

Home  >>  Uncategorized  >>  Kenapa Perlu Pelatihan Berkendara Sepeda Motor

Kenapa Perlu Pelatihan Berkendara Sepeda Motor

On January 15, 2020, Posted by , In Uncategorized, With No Comments

Kursus Keselamatan berkendara Sepeda Motor sangat diperlukan karena dapat menyelamatkan nyawa. Ini telah dipelajari secara luas oleh banyak lembaga pemerintah dan non-pemerintah, dan hasilnya selalu sama. Pencegahan di bidang keselamatan jalan adalah game-changer. 

Beberapa tempat memiliki aturan yang lebih ketat daripada yang lain, tetapi aturan itu sendiri tidak menyelamatkan nyawa. Pentingnya mematuhi undang-undang tersebut dapat diajarkan di kursus keselamatan berkendara sepeda motor. 

Data data dibawah ini mencengangkan dan perlu rasanya memberitahukan kepada anda kenapa anda perlu ikut safety riding training. Angka angka dibawah ini menjadi salah satu alasan kenapa anda perlu kursus keselamatan sepeda motor saat ini.

Kecelakaan Sepeda Motor dalam Angka

Menurut Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional, jumlah kematian terkait dengan sepeda motor meningkat pesat dalam dekade terakhir. Dari tahun 2000 hingga 2010, jumlahnya tumbuh sebesar 55%. Untuk mengatakannya dalam jumlah, jumlah pengendara yang meninggal dalam kecelakaan pada 2010 adalah 4.502. Pada tahun 2016, jumlah yang sama telah mencapai 5.286. Jumlah ini dua puluh delapan kali lebih tinggi dari jumlah pengendara mobil.

Statistik menceritakan bahwa

Usia – Terlepas dari kepercayaan masyarakat bahwa orang yang lebih muda adalah populasi yang paling berisiko ketika mengendarai sepeda motor.  Menurut data yang ditemukan pada 2010, lebih dari lima puluh persen korban kecelakaan sepeda motor berusia 40 tahun ke kebawah.

Helm – 41% pembalap yang meninggal pada 2010 karena kecelakaan sepeda motor tidak mengenakan helm. 50% penumpang yang meninggal saat kecelakaan sepeda motor pada 2010 juga tidak mengenakan helm.

Lokasi – Jalan kelas  dua atau diperkampungan adalah tempat kecelakaan favorit yakni  lima puluh persen kecelakaan sepeda motor terjadi pada tahun lalu.

Alkohol – Minum dan mengemudi adalah kombinasi yang mengerikan, namun minum minuman keras dan sesuatu yang memabukan dan mengendarai motor adalah hal yang lebih buruk. Risiko tabrakan meningkat secara dramatis. 28% dari pengendara yang meninggal karena kecelakaan pada tahun 2010 memiliki konsentrasi alkohol dalam darah yang cukup tinggi.

Jenis Sepeda Motor – Berlawanan dengan apa yang mungkin dipikirkan kebanyakan orang, sebagian besar korban karena kecelakaan sepeda motor adalah sepeda berukuran kecil. Mengapa demikian, motor kecil banyak diminati karena simple, mudah dikendarai apa lagi matic. Desain kendaraan ini memaksimalkan kelincahan dan kecepatan motor, yang dapat berubah menjadi bahaya bagi pengendara.

Menurut riset yang dilakukan pada tahun 2010, 42 persen dari kecelakaan sepeda motor yang fatal terjadi karena minum alkohol. Menurut penelitian yang sama, 48 persen terlibat kebut kebutan. 

Bagaimana Cara Menghindari Kecelakaan Sepeda Motor? (Selain Mengikuti Kursus Keselamatan Sepeda Motor)

Ya, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menghindari kecelakaan sepeda motor. Mengambil kursus keselamatan sepeda motor adalah yang pertama dan paling penting. Hal ini akan mengingatkan pengendara dan menyadari bahaya yang mereka hadapi saat mengendarai sepeda motor. Juga, mereka sadaran atas tindakan pencegahan apa yang harus mereka lakukan untuk diri mereka sendiri dan orang lain. 

Jangan pernah membeli sepeda motr yang tidak bisa anda kuasai

Ini adalah kesalahan besar yang dilakukan oleh pengendara pemula maupun yang berpengalaman. Jelas bahwa dunia sepeda motor berubah secara drastis dalam beberapa dekade terakhir. Sebagian besar sepeda motor, bahkan dalam kategori mesin kecil, telah meningkatkan torsi dan meningkatkan kinerja. 

Selain itu, jika Anda seorang pengendara pemula, maka sepeda motor entry-level lah yang harus Anda beli. Bukan Moge 

Hal-hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli motor :

Tinggi – Anda harus bisa meletakkan kedua kaki di tanah, bukan hanya berjinjit tapi telapaknya menapak dibumi. Juga, stang dan kontrol harus berada pada jangkauan yang nyaman untuk Anda. 

Berat – Jika Anda merasa motornya berat, mungkin terlalu berat untuk Anda. Coba anda berjalan berputar dan rasakan apakah anda bisa menahan beban motor tersebut ?

Membeli sepeda yang tepat lebih dari sekadar sepeda motor yang Anda sukai. Motor Itu harus cocok untuk Anda. Jika Anda mengambil kursus keselamatan sepeda motor tetapi tidak bisa membawa sepeda motor Anda, maka Anda akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

BACA JUGA  Generasi Milenial Paling Banyak Terlibat Kecelakaan Jalan Raya, Ini Penyebabnya

Selalu gunakan ABS

Fakta tentang teknologi ABS adalah bahwa menurut IIHS, itu bisa menyelamatkan nyawa. Sepeda motor yang dilengkapi dengan rem ABS 37 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terlibat dalam kecelakaan fatal. Oleh karena itu pertimbangkan beli motor yang telah dilengkapi ABS. Selain itu, mereka menjadi semakin umum, bahkan dalam model entri untuk beberapa merek seperti Vario, N Max walau 150 cc tetapi sudah menggunakan ABS. Mengapa itu penting? motor yang kenggunakan ABS akan berasa aman dan dapat diarahkan saat keadaan darurat pengeraman dilurusan maupun tikungan. Kalau ditikunga maka kita tetap akan bisa berbelok, sedangkan saat dilurusan kita masih bisa mengarahkan sepeda motor kemana kita kehendaki. Itu kelebihan ABS. Teknologi ini bisa menyelamatkan hidup Anda.

Semuanya tentang Keterampilan (Ikuti Kursus Keselamatan Sepeda Motor)

Terbukti bahwa kursus keselamatan sepeda motor dapat menyelamatkan hidup Anda (dan penumpang Anda). Beberapa dari mereka akan mengajarkan Anda keterampilan yang diperlukan yang perlu Anda tangani dalam sebagian besar situasi. Juga, instruktur keselamatan dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana memperbaiki keterampilan Anda dan melakukan, misalnya, manuver darurat. Selain itu, memiliki sertifikat kursus keselamatan sepeda motor yang disetujui dapat membuat Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon asuransi. Beberapa produsen sepeda motor menawarkan jalur kredit unik bagi mereka yang mendaftar untuk kursus keselamatan sepeda motor.

Selalu, Selalu, Selalu Memakai Helm Anda 

Mari kita mulai dengan mengungkap fakta:

Mengenakan helm saat mengendarai sepeda Anda mengurangi kemungkinan kematian jika terjadi kecelakaan sebesar 37%.

Pada tahun 2010 di AS saja, helm menyelamatkan nyawa 1.544 pengendara yang terlibat dalam kecelakaan.

Helm mengurangi kemungkinan menderita cedera kepala jika terjadi kecelakaan hingga 69%.

Rehabilitasi dari cedera kepala memakan biaya hingga 13 kali lebih banyak daripada cedera tubuh lainnya selama kecelakaan. Juga, cedera kepala dan konsekuensinya adalah situasi traumatis bagi keluarga dan teman

Meskipun aturan penggunaan helm adalah universal seperti lazimnya di seluruh dunia, tetapi engawasan yang kurang sepert Indonesia membuat pengendara menghindari menggunakannya . Jika Anda mengikuti kursus keselamatan sepeda motor, instruktur keselamatan akan memberi tahu Anda tentang helm sejak awal anda ikut pelatihan.

Tidak Ada Efek Negatif dalam Mengenakan Helm

Ada kepercayaan luas bahwa mengenakan helm dapat mengurangi kemampuan penglihatan dan pendengaran Anda. Juga, ini adalah masalah kenyamanan yang dibawa oleh kebanyakan orang ke percakapan. Tidak ada bukti substansial yang mendukung teori tersebut. Selain itu, tak satu pun dari ini adalah alasan yang cukup untuk menghindari mengenakan helm yang dapat menyelamatkan hidup Anda.

Pakai Gear yang Tepat

Ini adalah tindakan pencegahan keamanan lain yang diabaikan oleh banyak orang. Dari hari pertama di kursus keselamatan sepeda motor Anda, instruktur akan memberi tahu Anda ada pakaian dan perlengkapan yang tepat untuk dikendarai. Juga, ada perlindungan ekstra yang bisa Anda pakai untuk menghindari terkelupas terhadap aspal. Sebagian besar pengendara menggunakan kulit karena merupakan bahan yang paling tahan dan tahan angin. Dalam cuaca hangat, beberapa jaket memiliki ventilasi, bantalan yang kasar dan terbuat dari bahan mesh yang dapat bernapas. Hal lain yang tentu saja akan diajarkan oleh pengamanan sepeda motor adalah Anda harus mengenakan pelindung mata yang benar. Akhirnya, mengenakan warna-warna cerah, terutama di cuaca berkabut atau daerah gelap, lebih dari yang direkomendasikan.

Kursus Keselamatan Sepeda Motor akan mengajarkan Anda untuk membayar banyak Perhatian dan Bertahan

Tentu saja keselamatan sepeda motor

Menurut penelitian terbaru, ketika terjadi tabrakan antara mobil dan motor, mobil mengalami kesalahan 60% dari waktu. Ini adalah hal lain yang akan segera diajarkan oleh kursus keselamatan sepeda motor kepada Anda: perhatikan banyak hal. Pertama, karena meningkatnya jumlah pengemudi yang menggunakan ponsel mereka saat mereka berada di belakang kemudi. Kedua, karena hambatan jalan yang tidak membahayakan mobil dapat membahayakan sepeda. Akhirnya, karena Anda mungkin akan bersandar pada kursus keselamatan sepeda motor Anda, di atas tailgating dengan segala cara. Selalu menjaga jarak dengan mobil dan kendaraan lain.

BACA JUGA  Selamat datang di ORD !

Awasi Jalan

Sebanyak pengemudi perlu menghindari gangguan di setir, Anda harus menghindari gangguan di stang. Ini adalah pelajaran satu hari pertama dari kursus keselamatan sepeda motor Anda: perhatikan jalan. Sebagai contoh, hal-hal umum seperti daun basah di musim gugur, residu minyak yang tertinggal di trotoar atau banyak lagi dapat menjadi bahaya nyata. Selain itu, hindari manuver drastis saat hujan atau di bawah angin kencang. Untuk mencegah tergelincirnya kerikil, pasir, atau bahan umum lainnya, perhatikan dan belok lebih lambat. Akhirnya, jangan gunakan perangkat elektronik layar apa pun saat mengendarai. Jika Anda ingin mengikuti GPS Anda, letakkan di tempat Anda bisa melihatnya saat melihat jalan. Jika perlu, beli alat khusus untuk menyesuaikannya dengan sepeda Anda.

Aksesori untuk Berkendara yang Lebih Aman

Ada banyak aksesori di pasar yang dapat membuat perjalanan Anda lebih aman dan lebih menyenangkan . Kami tidak akan membicarakan helm sebagai aksesori karena kami ingin menumbuhkan gagasan bahwa sama pentingnya dengan kopling. Yang sedang berkata, ada beberapa hal yang perlu diingat tentang helm:

DOT Standard – Dibuat pada 1974, standar DOT menetapkan persyaratan minimum untuk helm yang akan dikomersialkan. Yang paling protektif adalah helm full-face, yang menutupi dari dagu ke bagian belakang kepala. Saat menghadiri kursus keselamatan sepeda motor, Anda akan direkomendasikan helm semacam ini.

Kualitas – Jika kami bertanya kepada Anda berapa nilai kepala Anda, apa yang akan Anda jawab? Nah, jawaban itu harus menjadi panduan Anda untuk membeli helm baru Anda. Juga, ingatlah bahwa fungsi helm adalah untuk melindungi Anda. Jangan pernah mengorbankan kualitas perlindungan melalui teknologi suara terapan.

STS – Sistem Putar Cerdas

STS adalah aksesori kecil dan mudah dipasang yang sangat berguna bagi pengendara kota. Meskipun juga berguna di jalan terbuka, saya kira itu mendapat dampak paling signifikan dalam lalu lintas kota. Apa yang dilakukannya adalah mematikan lampu indikator pada sepeda motor Anda begitu Anda merasa telah menyelesaikan belokan. Jika Anda seorang pengemudi mobil, Anda tahu persis cara kerjanya. Di kursus keselamatan sepeda motor Anda, instruktur Anda akan memberi tahu Anda untuk tidak membiarkan lampu menyala. Ini dapat menyebabkan kecelakaan karena Anda memberikan informasi palsu kepada kendaraan lain. Aksesori ini akan menyelesaikannya untuk Anda. Juga, mudah untuk menginstal dan kompatibel dengan sebagian besar sepeda di pasar.

Smart Brake Module adalah ide yang luar biasa. Tidak mungkin tidak ada yang memikirkan hal ini sebelumnya. Ini adalah aksesori yang ideal bagi mereka yang suka mengemudi di jalan terbuka. Apa yang dilakukannya sangat sederhana, tetapi juga sangat penting; itu mengaktifkan lampu rem Anda ketika Anda kehilangan kecepatan ketika Anda tidak menerapkan rem. Misalnya, jika Anda melepaskan throttle saat mengendarai tetapi tidak menginjak rem, aksesori ini akan merasakannya, dan itu akan mengaktifkan lampu rem untuk Anda. Sekali lagi, pelajaran satu dari hari pertama dari kursus keselamatan sepeda motor Anda, sepeda Anda memiliki lampu berhenti yang bergerak ketika Anda istirahat. Jika Anda seperti saya dan lebih memilih untuk tidak menginjak rem di jalan terbuka dan berlayar dengan hanya throttle Anda, aksesori ini tepat untuk Anda.

Kesimpulan, Ikuti Kursus Keamanan Sepeda Motor

Memiliki kursus keselamatan sepeda motor adalah suatu keharusan yang pasti, terlepas dari berapa tahun Anda sudah mengendarai sejauh ini. Selalu ada hal-hal baru untuk dipelajari dan tempat apa yang lebih baik daripada akademi formal. Selain itu, Anda bisa mendapatkan waktu untuk berlatih manuver yang mungkin Anda butuhkan suatu hari nanti dan tidak pernah dilakukan.

Apakah ada langkah-langkah keamanan yang Anda terapkan setiap hari, dan kami melewatkannya? Jangan ragu untuk meninggalkan komentar Anda dan membagikan artikel ini kepada sesama pengendara untuk meningkatkan kesadaran tentang kursus keselamatan sepeda motor.

Tetap aman dan senang naik motor…ngeeeengggg !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *