Kursus Keselamatan berkendara Sepeda Motor sangat diperlukan karena dapat menyelamatkan nyawa.  Hal ini telah dipelajari secara luas oleh banyak lembaga pemerintah dan non-pemerintah, dan hasilnya sama. Pencegahan di bidang keselamatan jalan adalah  penting. 

Beberapa Negara memiliki aturan yang lebih ketat daripada yang lain, tetapi aturan itu sendiri tidak menyelamatkan nyawa. Pentingnya mematuhi undang-undang tersebut dapat diajarkan di kursus keselamatan berkendara sepeda motor. 

Data data dibawah ini mencengangkan dan perlu rasanya memberitahukan kepada anda kenapa anda perlu ikut safety riding training. Angka angka dibawah ini menjadi salah satu alasan kenapa anda perlu kursus keselamatan sepeda motor saat ini.

Kecelakaan Sepeda Motor dalam Angka

Menurut Korlantas Republik Indonesia menyatakan bahwa jumlah kematian terkait dengan sepeda motor meningkat pesat dalam dekade terakhir. Dari tahun 2000 hingga 2010, jumlahnya tumbuh sebesar 55%. Untuk mengatakannya dalam jumlah, jumlah pengendara yang meninggal dalam kecelakaan pada 2010 adalah 4.502. Pada tahun 2016, jumlah yang sama telah mencapai 5.286. Jumlah ini dua puluh delapan kali lebih tinggi dari jumlah pengendara mobil.

Statistik menceritakan bahwa

Usia – Terlepas dari kepercayaan masyarakat bahwa orang yang lebih muda adalah populasi yang paling berisiko ketika mengendarai sepeda motor.  Menurut data yang ditemukan pada 2010, lebih dari lima puluh persen korban kecelakaan sepeda motor berusia dibawah 40 tahun .

Helm – 41% pengendara motor yang meninggal pada 2010 karena kecelakaan sepeda motor tidak mengenakan helm. Dan parahnya lagi  50% boncenger yang meninggal saat kecelakaan sepeda motor pada 2010 juga tidak mengenakan helm.

Lokasi – Jalan kelas  dua alias jalan diperkampungan adalah lokasi kecelakaan favorit yakni  lima puluh persen kecelakaan sepeda motor terjadi pada tahun lalu.

Alkohol – Minum dan mengemudi adalah kombinasi yang mengerikan, namun minum minuman keras dan sesuatu yang memabukan dan mengendarai motor adalah hal yang lebih buruk. Risiko tabrakan meningkat secara dramatis. 28% dari pengendara yang meninggal karena kecelakaan pada tahun 2010 memiliki konsentrasi alkohol dalam darah yang cukup tinggi.

Jenis Sepeda Motor – Berlawanan dengan apa yang mungkin dipikirkan kebanyakan orang, sebagian besar korban karena kecelakaan sepeda motor adalah sepeda berukuran kecil. Mengapa demikian, motor kecil banyak diminati karena simple, mudah dikendarai apa lagi matic. Desain kendaraan ini memaksimalkan kelincahan dan kecepatan motor, yang berubah menjadi potensi bahaya bagi pengendara.

Menurut riset yang dilakukan pada tahun 2010, 42 persen dari kecelakaan sepeda motor yang fatal terjadi karena minum alkohol. Menurut penelitian yang sama, 48 persen terlibat kebut kebutan. 

Bagaimana Cara Menghindari Kecelakaan Sepeda Motor? 

Ya, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menghindari kecelakaan sepeda motor. Ikut serta dalam kursus keselamatan sepeda motor adalah hal yang utama . Hal ini akan mengingatkan pengendara dan menyadari bahaya yang mereka hadapi saat mengendarai sepeda motor. Juga, mereka sadar atas tindakan pencegahan apa yang harus mereka lakukan untuk diri mereka sendiri dan orang lain. 

Jangan pernah membeli sepeda motor yang tidak bisa anda kuasai

Ini adalah kesalahan besar yang dilakukan oleh pengendara pemula .  Dunia sepeda motor berubah secara drastis dalam beberapa dekade terakhir. Sebagian besar sepeda motor, bahkan dalam kategori mesin kecil, telah meningkatkan torsi dan meningkatkan kinerja. Type motorpun bermacam macam tergantung kegunaannya ada yang buat motocross ada pula yang untuk sport, cruising dan touring. Gunakan sesuai dengan kegunaannya. 

BACA JUGA  Dulu Gubernur Ahok Melarang Siswa Naik Motor Kesekolah

Jika Anda seorang pengendara pemula, maka sepeda motor entry-level lah yang harus Anda beli. Bukan Moge 

Hal-hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli motor :

Tinggi – Anda harus bisa meletakkan kedua kaki di tanah, bukan berjinjit tapi telapaknya menapak dibumi. Juga, stang dan kontrol harus berada pada jangkauan yang nyaman untuk Anda. 

Berat – Jika Anda merasa motornya berat, mungkin terlalu berat untuk Anda. Coba anda berjalan berputar dan rasakan apakah anda bisa menahan beban motor tersebut ?

Membeli sepeda yang tepat bukan lebih dari sekadar sepeda motor yang Anda sukai. Motor Itu harus cocok untuk Anda. 

Selalu gunakan ABS

Fakta tentang teknologi ABS adalah bahwa menurut IIHS, ABS itu bisa menyelamatkan nyawa pengendara. Sepeda motor yang dilengkapi dengan rem ABS, maka 37 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terlibat dalam kecelakaan fatal. Oleh karena itu pertimbangkan beli motor yang telah dilengkapi ABS. Selain itu, ABS menjadi semakin umum, bahkan dalam model entri untuk beberapa merek seperti Vario, N Max walau 150 cc sudah menggunakan ABS. Mengapa ABS penting? motor yang menggunakan ABS akan berasa aman dan dapat diarahkan saat keadaan darurat pengeraman baik dilurusan maupun tikungan. Kalau ditikungan maka kita tetap akan bisa berbelok kemana arah yang akan kita tuju, sedangkan saat dilurusan kita masih bisa menghindar dan mengarahkan sepeda motor kemana kita kehendaki. Itu kelebihan ABS. Teknologi ini bisa menyelamatkan hidup Anda.

Semuanya tentang kemahiran dan mindset anda berkendara 

Kursus keselamatan sepeda motor dapat menyelamatkan hidup Anda (dan boncenger Anda).

Kami akan mengajarkan Anda tentang keterampilan yang diperlukan yang perlu Anda tangani dalam pelbagai situasi. Juga, instruktur keselamatan dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana memperbaiki keterampilan Anda dan melakukan, misalnya, manuver darurat. Tidak cukup sampai disitu, pengetahuan tentang 5 Seeing habits perlu menjadi bahan yang selalu diingat saat anda berkendara.

Selalu Memakai Helm Anda 

Mari kita mulai dengan mengungkap fakta:

Mengenakan helm saat mengendarai sepeda Anda mengurangi kemungkinan kematian jika terjadi kecelakaan sebesar 37%.

Pada tahun 2010 di AS saja, helm menyelamatkan nyawa 1.544 pengendara yang terlibat dalam kecelakaan.

Helm mengurangi kemungkinan menderita cedera kepala jika terjadi kecelakaan hingga 69%.

Rehabilitasi dari cedera kepala memakan biaya hingga 13 kali lebih banyak daripada cedera tubuh lainnya selama kecelakaan. Juga, cedera kepala dan konsekuensinya adalah situasi traumatis bagi keluarga dan teman

Meskipun aturan penggunaan helm adalah universal seperti lazimnya di seluruh dunia, tetapi pengawasan yang kurang sepert Indonesia membuat pengendara menghindari menggunakannya . 

Tidak Ada Efek Negatif dalam Mengenakan Helm

Ada kepercayaan luas bahwa mengenakan helm dapat mengurangi kemampuan penglihatan dan pendengaran Anda. Juga banyak menganggap helm mengurangi kenyamanan. Tidak ada bukti substansial yang mendukung teori tersebut. Selain itu, tak satu pun dari ini adalah alasan yang cukup untuk menghindari mengenakan helm yang dapat menyelamatkan hidup Anda.

BACA JUGA  Apa yang harus anda siapkan untuk riding jarak jauh?

Pakai Perlengkapan atau Gear yang Tepat

Ini adalah tindakan pencegahan kecelakaan demi keamanan anda yang diabaikan oleh banyak orang.  Kalau anda ikut pelatihan maka dari hari pertama di kursus safety riding, instruktur akan memberi tahu Anda ada pakaian dan perlengkapan yang tepat untuk naik motor. Juga, ada perlindungan ekstra yang bisa Anda pakai untuk menghindari agar anda tidak terkelupas terhadap aspal saat jatuh. Dalam cuaca hangat seperti di Indonesia, beberapa jaket memiliki ventilasi, dan terbuat dari bahan mesh yang dapat bernapas. Disamping itu disetiap sudut dan siku diberikan protektor. Anda juga harus mengenakan pelindung mata yang benar dalam arti gunakan helm full face. Akhirnya, gunakan pakaian dengan warna-warna cerah, terutama di cuaca berkabut atau daerah gelap, anda akan lebih terlihat dari kejauhan.

Motor lebih beresiko 

Menurut penelitian terbaru, ketika terjadi tabrakan antara mobil dan motor, mobil berada dalam posisi kesalahan 60% . Hal ini kemungkinan terjadi karena Pertama, karena meningkatnya jumlah pengemudi yang menggunakan ponsel saat mereka berada di belakang kemudi. Kedua, karena hambatan pada jalan raya mungkin tidak membahayakan mobil namun sangat berbahaya bagi sepeda motor. Misalnya jalan berlubang, permukaan tidak rata. dalam melakukan tailgating motor juga selalu harus menjaga jarak dengan mobil dan kendaraan lain.

 

Awasi Jalan Yang Ada Lewati

Pengemudi akan menghindari bila menghadapi kerusakan jalan lobang atau gangguan dijalan, Motor perlu menghindari juga, tapi ingat motor lebih rentan jatuh saat menghadapi gangguan jalan.  Tanah merah yang jatuh dari truck tanah, lubang jalan yang tidak ditutupi, atau bekas residu oli tumpah adalah contoh resiko jatuhnya motor.  Selain itu, hindari manuver drastis saat hujan atau di bawah angin kencang.

Jika Anda ingin mengikuti GPS Anda, letakkan di tempat Anda bisa melihatnya saat melihat jalan. Jika perlu, beli GPS yang rigid dan sesuai dengan dudukan di sepeda motor Anda.

Aksesori untuk Berkendara yang Lebih Aman

Ada banyak aksesori di pasaran  yang dapat membuat perjalanan Anda lebih aman dan lebih menyenangkan . dipasaran terdapat Phone Holder. Phone holder gunakan yang memang untuk berkendara jauh seperti X Mount atau Ram Mount. Lampu Tambahan bisa pula dipasang sepajang tidak membuat silau lawan anda. Side Box diperlukan bila anda mengendara jarak jauh dimana dimaksudkan agar anda bisa menyimpan perangkat atau pakaian anda dengan aman.

Demikian pula bila membeli Helm pastikan bahwa :

DOT Standard – Dibuat pada 1974, standar DOT menetapkan persyaratan minimum untuk helm yang akan dijual umum. Yang paling protektif adalah helm full-face, yang menutupi dari dagu ke bagian belakang kepala. 

Kualitas – Jika kami bertanya kepada Anda berapa nilai kepala Anda, apa yang akan Anda jawab? Nah, jawaban itu harus menjadi panduan Anda untuk membeli helm baru Anda. Juga, ingatlah bahwa fungsi helm adalah untuk melindungi Anda. Jangan pernah mengorbankan kualitas perlindungan  demi kehidupan anda.

Kesimpulan, Ikuti Safety Riding 

Ikut safety riding adalah suatu hal yang penting, terlepas dari berapa tahun Anda sudah mengendarai sejauh ini. Selalu ada hal-hal baru untuk dipelajari.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan waktu untuk berlatih manuver yang mungkin Anda butuhkan suatu hari nanti dan sebelumnya belum pernah dilakukan.

 

PT ORD REKACIPTA DINAMIKA