SAFETY TALK

Safety Talk (disebut juga safety morning talk atau toolbox meeting) adalah pertemuan yang dilakukan rutin antara supervisor dengan para pekerja atau karyawan untuk membicarakan hal-hal mengenai K3, entah tentang isu terbaru, regulasi, prosedur kerja, alat pelindung diri, potensi bahaya dan sebagainya.

Bentuk safety talk bisa berupa short brief terhadap apa yang telah diberikan kepada karyawan. Mengingatkan kembali atas apa yang harus dilakukan.

Kecelakaan kerja tentu merupakan suatu kejadiaan yang tidak diinginkan oleh perusahaan, namun tentu saja hal ini dapat terjadi tidak terduga yang akan menyebabkan kerugian bagi perusahaan baik dari segi waktu, harta benda maupun korban jiwa yang terdapat di suatu proses kerja.

Menurut penelitian yang telah dilakukan di Malaysia rasio terjadinya kecelakaan kerja memiliki perbandingan sebagai berikut 1:12:60 dengan 60 near miss yang berakibat 12 kecelakaan ringan dan 1 cedera serius. Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat kecelakaan kerja tertinggi di dunia. Pada tahun 2018 BPJS Ketenagakerjaan mengatakan terdapat 157.313 kasus kecelakaan kerja. Tentu saja angka kecelakaan kerja ini dapat ditekan salah satunya dengan cara menerapkan budaya K3.

Seperti yang diketahui bahwa salah satu bentuk pencegahan kecelakaan di perusahaan adalah dengan menerapan budaya Kesehatan dan Keselamatani Kerja (K3). Safety Talk merupakan salah satu bagian kegiatan terpenting Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bagi para pekerja.

Safety Talk adalah bentuk komunikasi kepada para pekerja untuk mengenalkan dan mengingatkan segala jenis aturan yang ada di lingkungan kerja agar aktivtas pekerjaan berjalan sesuai dengan sistem kesehatan dan keselamatan kerja yang berlaku. Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) dalam PP. 50 tahun 2012 menyebutkan bahwa komunikasi K3 merupakan bagian dari kegiatan pendukung untuk pencegahan kecelakaan kerja.

Pada pelaksanaannya untuk perusahaan besar yang mempekerjakan karyawan banyak biasanya memberikan “safety Talk” saat mereka akan pulang kampung saat mudik atau pada akhir tahun.

Mereka kembali dengan kendaraan bermotor baik mobil maupun motor. Sebagai latar belakang safety talk, kecepatan berkontribusi 30%  dari penyebab tabrakan fatal dan 12 % dari semua tabrakan yang terjadi. 

Tabrakan kendaraan bermotor adalah penyebab nomor satu  kematian di tempat kerja. Nah Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko tabrakan kendaraan bermotor? Materi Safety Talk adalah sebagai berikut :

  • Mengemudi sesuai dengan batas kecepatan
    Jangan mengemudi dengan kecepatan berlebihan. Ikuti kendaraan pada jarak yang aman. Ingat, semakin cepat Anda berkendara, lebih lama akan membawa Anda untuk memperlambat kendaraan dan tabrakan yang lebih serius akan terjadi.
  • Rileks
    Jika Anda merasa tertekan di belakang kemudi, tenanglah, tarik napas panjang dan rileks. Mengemudi dengan Agresif akan membuat anda tegang dan cepat lelah disamping membahayakan. 
  • Waspada
    Pastikan Anda berada dalam kondisi mental dan fisik yang baik sebelum berada di belakang kemudi. Jika Anda mulai untuk menjadi mengantuk atau tidak nyaman, segera menepi dan istirahat. Driver yang mengonsumsi alkohol, obat-obatan, atau jenis obat apa pun yang diketahui menyebabkan kantuk tidak diizinkan untuk mengendarai kendaraan . Kelelahan dan emosi juga dapat mengganggu kemampuan pengemudi untuk mengoperasikan kendaraan dengan aman.
  • Rencanakan ke Depan
    Periksa rute Anda, dan kondisi cuaca & jalan sebelum Anda pergi. Jika Anda tidak terbiasa dengan rute anda, menepi untuk memeriksa peta Anda untuk menghindari stres atau gangguan lebih lanjut. Set tujuan anda dengan GPS atau Google Maps sebelum anda bergerak.
  •  Sabuk pengaman
    Mengenakan sabuk pengaman Anda bukan sekadar aturan, tapi hal itu bisa menyelamatkan hidup Anda. Mengenakan sabuk pengaman Anda dengan benar akan secara dramatis meningkatkan peluang Anda untuk selamat dari kecelakaan kendaraan bermotor.
  • Pengemudi
  • Selalu gunakan sabuk pengamanmu.
  • Gunakan sandaran kepala dengan benar untuk mengurangi risiko whiplash. Sandaran kepala harus diposisikan di belakang kepala Anda, bukan leher Anda, dengan pusat tingkat sandaran kepala dengan bagian atas telinga Anda.
  • Posisikan kursi Anda dengan benar sehingga Anda memiliki pandangan yang jelas, dapat mencapai pedal dengan mudah, dan  memegang punggung dengan baik dan anda tidak terlontar karena kursi anda. Sesuaikan cermin untuk visibilitas yang tepat.
  • Selalu patuhi semua batas kecepatan, sinyal lalu lintas, hukum jalan, dan rambu
  • Pastikan semua penumpang dan barang-barang mereka aman sebelum anda menggerakan kendaraan.
  • Waspadai lingkungan sekitar Anda dan mengambil langkah-langkah yang tepat sehingga Anda tidak menempatkan diri Anda dalam risiko. Selalu meninggalkan kendaraan dalam keadaan terkunci dan memastikan Anda memiliki bensin yang cukup. Berhati-hatilah saat mengisi bahan bakar – merokok dilarang.
Dan seterusnya.
 

Materi Safety Talk biasanya hanya 2 jam motor dan 2 jam mobil. Namun hal ini tergantung dengan permintaan klien.

Materi untuk safety talk biasanya di bagi dua :

  1. Safety Riding
  2. Defensive Driving
 
 
 
 
 
Something is wrong.
Instagram token error.
Load More
Contact

Keterangan lebih lanjut hubungi kami

CONTACT INFORMATION REGISTRATION

Telp                : (021)-835-3685

Fax                  : (021)-837-08359

Mobile           : 0813-2980-9263

Email              : frida@ordtraining.com

DAFTAR ONLINE

PT ORD REKACIPTA DINAMIKA