SAFETY TALK

WE SERVE TO ALIVESAFETY TALK

Safety Talk - Short Seminar

Safety Talk (disebut juga safety morning talk atau toolbox meeting) adalah pertemuan yang dilakukan rutin antara supervisor dengan para pekerja atau karyawan untuk membicarakan hal-hal mengenai K3, entah tentang isu terbaru, regulasi, prosedur kerja, alat pelindung diri, potensi bahaya dan sebagainya. Bentuk safety talk bisa berupa short brief terhadap apa yang telah diberikan kepada karyawan. Mengingatkan kembali atas apa yang harus dilakukan. Kecelakaan kerja tentu merupakan suatu kejadiaan yang tidak diinginkan oleh perusahaan, namun tentu saja hal ini dapat terjadi tidak terduga yang akan menyebabkan kerugian bagi perusahaan baik dari segi waktu, harta benda maupun korban jiwa yang terdapat di suatu proses kerja. Menurut penelitian yang telah dilakukan di Malaysia rasio terjadinya kecelakaan kerja memiliki perbandingan sebagai berikut 1:12:60 dengan 60 near miss yang berakibat 12 kecelakaan ringan dan 1 cedera serius. Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat kecelakaan kerja tertinggi di dunia. Pada tahun 2018 BPJS Ketenagakerjaan mengatakan terdapat 157.313 kasus kecelakaan kerja. Tentu saja angka kecelakaan kerja ini dapat ditekan salah satunya dengan cara menerapkan budaya K3.

Untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal

Seperti yang diketahui bahwa salah satu bentuk pencegahan kecelakaan di perusahaan adalah dengan menerapan budaya Kesehatan dan Keselamatani Kerja (K3). Safety Talk merupakan salah satu bagian kegiatan terpenting Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bagi para pekerja.

Safety Talk adalah bentuk komunikasi kepada para pekerja untuk mengenalkan dan mengingatkan segala jenis aturan yang ada di lingkungan kerja agar aktivtas pekerjaan berjalan sesuai dengan sistem kesehatan dan keselamatan kerja yang berlaku. Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) dalam PP. 50 tahun 2012 menyebutkan bahwa komunikasi K3 merupakan bagian dari kegiatan pendukung untuk pencegahan kecelakaan kerja.

Pada pelaksanaannya untuk perusahaan besar yang mempekerjakan karyawan banyak biasanya memberikan “safety Talk” saat mereka akan pulang kampung saat mudik atau pada akhir tahun.

Mereka kembali dengan kendaraan bermotor baik mobil maupun motor. Sebagai latar belakang safety talk, kecepatan berkontribusi 30%  dari penyebab tabrakan fatal dan 12 % dari semua tabrakan yang terjadi. 

Safety Talk Short Brief

Bentuknya adalah seminar dengan audience 20-30 orang dengan model satu arah. Bisa diadakan di ruang kelas, meeting hall atau ruang rapat . Kita mulai dari cerita tentang kendaraan bermotor sebagai penyebab nomor satu  kematian di tempat kerja. Nah Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko tabrakan kendaraan bermotor? Materi Safety Talk adalah sebagai berikut : Mengemudi sesuai dengan batas kecepatan Jangan mengemudi dengan kecepatan berlebihan. Ikuti kendaraan pada jarak yang aman. Ingat, semakin cepat Anda berkendara, lebih lama akan membawa Anda untuk memperlambat kendaraan dan tabrakan yang lebih serius akan terjadi.

PT ORD REKACIPTA DINAMIKA

RASUNA OFFICE PARK FO 03-04
TAMAN RASUNA TIMUR
JAKARTA SELATAN 12940
PHONE +62218353685 - 83708359
EMAIL : INFO@ORDTRAINING.COM

Like this:

Like Loading...
error: anda tidak bisa mengambil data web ini !!
Skip to content