HSE TRAINING

HSE adalah singkatan dari Health and Safety Environment atau kalau diterjemahkan adalah Kesehatan, Keselamatan, Lingkungan. HSE adalah salah satu bagian dari manajemen perusahaan. Selain manajemen keuangan, manajemen SDM, dan juga ada juga  Manajemen HSE. HSE memegang peranan penting untuk memastikan keselamatan operasional perusahaan secara keseluruhan. 

Di perusahaan, manajemen HSE biasanya dipimpin oleh manajer HSE, yang bertanggung jawab atas perencanaan, implementasi, dan pengendalian seluruh program HSE. Program HSE disesuaikan dengan tingkat risiko setiap bidang pekerjaan. Misalnya Konstruksi HSE akan berbeda dengan HSE Penambangan dan akan berbeda dengan HSE Minyak dan Gas Bumi.

HSE bukan hanya sekedar standar baku tetapi dalam menerapkan HSE kita perlu mengadopsi beberapa standar. Untuk sektor minyak dan gas, beberapa standar HSE yang dapat digunakan adalah:

  • API RP 750, tentang Manajemen  of Process Hazard 
  • OSHA CPR 119.10. 110, tentang Proses Manajemen Keselamatan 
  • OHSAS 18001, tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  • Keputusan Menteri tentang SMK3
  • NFPA, Asosiasi Perlindungan Kebakaran Nasional
  • NEC, Kode Kelistrikan Nasional
  • LSC, Kode Keselamatan Jiwa
  • Dan lainnya sesuai dengan bidang indusfrinya

HSE disusun secara sistematis sebagai sistem manajemen organisasi untuk mencapai tujuan, sasaran dan visinya dalam keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan. Sebagai suatu sistem, ini adalah panduan dan aturan permainan untuk semua tingkatan baik tim manajemen dan pekerja serta sub-lini organisasi yang ada di dalam organisasi.

Beberapa perusahaan mengintegrasikan sistem manajemen HSE ini dengan Sistem Manajemen Keamanan dan / atau Kualitas. Bahkan ada yang berintegrasi dengan semua aspek, seperti. SDM, Keuangan, Pemasaran dll, sehingga terkadang nama suatu sistem tidak terlalu penting, karena yang penting adalah refleksi dari sistem itu sendiri dalam implementasinya.

Something is wrong.
Instagram token error.
Load More
PT ORD REKACIPTA DINAMIKA