Magang Di Jepang

Home  >>  LAYANAN KAMI  >>  Kerja Di Jepang  >>  Magang Di Jepang

Pictures by WIjaya Kusuma Dec 2018

Sebelum bisa kerja magang di Jepang, seorang calon pelamar bisa mencari informasi lowongan kerja magang melalui ORDTraining.com untuk melakukan seleksi kerja magang di Jepang.

ingat, tidak semua lembaga betul-betul bisa memberangkatkan seseorang untuk menjadi pegawai magang di Jepang walau mereka menjanjikan akan memberangkatkan setelah belajar bahasa Jepang di tempat tersebut. 

langkah pertama yang bisa dilakukan setelah mencari lowongan kerja magang, adalah memastikan kredibilitas lembaga tersebut.

Caranya bisa dengan meminta kontrak kerja antara pihak lembaga dengan lembaga lain yang berwenang mengirim pekerja magang ke luar negeri (atau Sending Organization/SO).

Persyaratan yang dibutuhkan dari calon pegawai magang bervariasi, tergantung jenis pekerjaan yang ditawarkan oleh Accepting Organization (AO), yang adalah perusahaan penerima tenaga kerja di Jepang. Untuk jenis pekerjaan, lowongan untuk calon pekerja laki-laki dan perempuan bisa berbeda jauh.

Bidang kerja yang membutuhkan tenaga laki-laki biasanya bergerak di bidang otomotif, pengecatan, mesin bubut, dan pekerjaan yang berhubungan dengan industri dan pabrik. Untuk perempuan, biasanya yang dibutuhkan adalah pegawai di bidang agrobisnis, garmen, peternakan, maupun industri plastik. Kurang lebih berikut beberapa syarat umum untuk melamar jadi pegawai magang:

  1. Pendidikan minimal SMA/SMK/STM. Lebih baik lagi jika pendidikan D3 maupun S1. Untuk jurusannya, tergantung kebutuhan yang diminta oleh AO. Yang dibutuhkan adalah mereka yang berlatar belakang teknik, pertanian, komputer, perkapalan, maupun Sastra Jepang.
  2. Usia, rata-rata menerima pelamar yang berumur antara 19-27 tahun. 
  3. Tinggi badan minimal 160 cm (laki-laki) dan 150 cm (perempuan). Berat badan ideal.
  4. Sehat jasmani dan rohani. Untuk fisik, tidak memiliki riwayat penyakit dalam (seperti asma, jantung, kanker, diabetes, dan sebagainya), memiliki postur badan yang tegak, dan tidak memiliki cacat fisik (seperti kaki bentuk O, luka bakar, tuli, berkaca mata, dan sejenisnya). Satu lagi, calon pegawai magang juga sebaiknya tidak memiliki tato karena di Jepang tato belum diterima secara luas.
  5. Bersedia mengikuti pelatihan yang diwajibkan oleh SO.
  6.  

Selain persyaratan di atas, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan oleh calon pegawai magang. Persyaratan administrasi tersebut bisa bervariasi antar SO, namun biasanya inilah beberapa dokumen yang wajib ada:

  1. Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKKB) yang dikeluarkan oleh Kepolisian. Surat tersebut harus menyertakan tujuan pembuatannya, yaitu untuk mengikuti program kerja magang di Jepang.
  2. Surat keterangan dokter yang menyatakan calon pegawai magang sanggup mengikuti seluruh rangkaian seleksi, dengan keterangan untuk mengikuti kegiatan seleksi pegawai magang ke Jepang.
  3. Foto kopi beberapa dokumen penting seperti KTP (masa berlaku minimal 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan yang ditargetkan), Kartu Keluarga (yang sesuai dengan alamat KTP), Kartu Kuning, Akte Kelahiran, dan sebagainya.
  4. Pas foto terbaru. Biasanya ukuran yang diminta antara ukuran 4×6 cm dan 3×4 cm.
  5. Membuat surat lamaran yang dilengkapi dengan materai. Surat lain yang diminta, adalah surat pernyataan bersedia mengikuti seluruh tahapan program seleksi kerja magang di Jepang.
  6. Surat ijin dari orang tua/wali/istri (dilengkapi materai) untuk mengikuti seleksi program magang ke Jepang. Untuk surat ijin dari istri, harus dilengkapi dengan foto kopi akte nikah.
  7. Fotokopi berbagai ijazah yang sudah dilegalisir.
  8. Perlu diperhatikan juga, terkadang ada juga lembaga yang minta sertifikat latihan kerja sejumlah jam tertentu (biasanya berkisar antara 220 jam).

Itu baru contekan mengenai persyaratan umum dan persyaratan administrasi yang diperlukan. Untuk urutan prosesnya, kurang lebih gambarannya adalah sebagai berikut:

1. Pendaftaran

Lowongan magang ke Jepang rata-rata dibuka pada periode tertentu saja. Informasi lowongan kerja tersebut tersedia di sending organization (ORDTraining.com). Untuk lowongan yang dilakukan oleh pemerintah, sebaiknya calon pelamar datang langsung untuk mengisi formulir dan mendapatkan nomor test. Sedangkan untuk lowongan yang dibuka oleh pihak swasta (alias non pemerintah), biasanya cukup dengan mengajukan lamaran melalui email maupun pos.

2. Seleksi administrasi

Pada tahap ini, panitia akan menyeleksi persyaratan administrasi yang telah diajukan oleh calon pegawai magang. Jika lulus, baru bisa maju ke tahap berikutnya.

3. Tes lain yang diperlukan

Setelah seleksi administrasi, dilakukan beberapa tes lainnya seperti tes matematika, bahasa, dan sebagainya. Sedangkan untuk lembaga swasta, seperti ORDTRaining.com setelah lolos dari seleksi administrasi, peserta diwajibkan untuk mengikuti serangkaian pendidikan/training sebagai persiapan kerja magang. Materi pendidikan tersebut meliputi pelatihan bahasa Jepang, latihan fisik, matematika, hingga pengenalan akan budaya Jepang. Terkadang ada juga pihak penyelenggara seleksi yang menambahkan seleksi dengan melibatkan user dari Jepang. Bentuknya bisa dengan wawancara langsung, atau sebatas mengirimkan dokumen ke Jepang. Biasanya, proses check-up medis juga dilakukan di tahap ini.

4. Persiapan keberangkatan

Setelah lolos dari tahap-tahap sebelumnya, peserta program magang akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan untuk persiapan keberangkatan. Pada tahap ini, peserta magang akan melakukan kontrak kerja dengan perusahaan yang ditentukan.

5. Berangkat untuk menjalankan kontrak kerja dengan masa kerja 3 tahun.

Setiap pekerja magang dan TKI / pekerja mandiri Profesional wajib memiliki KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri) ,  Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) adalah sistem pendataan bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia yang akan berangkat keluar negeri.

SISKOTKLN mengintegrasikan Pemangku kepentingan terkait dengan penempatan TKI yang antara lain Dinas Kabupaten/Kota, PPTKIS, Balai Latihan Kerja Luar Negeri, Sarana Kesehatan, Asuransi, Pemetiksaan Psikologi, Lembaga Uji Kompetensi, Lembaga Keuangan, dan Perwakilan RI di luar Negeri

SISKOTKLN memanfaatkan teknologi terkini dalam proses implementasinya. Penggunaan Teknologi Biometrik untuk memastikan TKI menghadiri pelatihan di Balai Latihan Kerja Luar Negerii dan durasi yang sesuai dengan negara yang bersangkutan. Hasil akhir dari SISKOTKLN adalah KTKLN yang menjadi identitas TKI di luar negeri.

KTKLN merupakan kartu identitas bagi TKI dan sekaligus sebagai bukti bahwa TKI yang bersangkutan telah memenuhi prosedur untuk bekerja ke luar negeri dan berfungsi sebagai instrumen perlindungan baik pada masa penempatan (selama bekerja di luar negeri) maupun pasca penempatan (setelah selesai kontrak dan pulang ke tanah air). KTKLN ini berbentuk smartcard chip microprocessor contactless dan menyimpan data digital TKI yang dapat di update dan dibaca card reader. 

Sebelum berangkat pastikan anda daftar  KTKLN dibawah ini 

 

Silakan masukkan biodata anda di form Registrasi e-KTKLN TKI Perpanjangan Perjanjian Kerja. Bawa form bukti pendaftaran anda ke Perwakilan RI di luar negeri.

TKI MANDIRI / PROFESIONAL

Silakan masukkan biodata anda beserta data ketenagakerjaan di form Registrasi, bawa form bukti pendaftaran anda untuk dicetak di BP3TKI terdekat di wilayah anda.

Sebelum mendaftar sebagai TKI Mandiri/Perseorangan, ada beberapa dokumen persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Paspor
  2. Perjanjian Kerja
  3. Surat Keterangan Sehat
  4. Visa Kerja

Sebagai Pekerja Migran Indonesia, berdasarkan amanat Permenaker No 18 Tahun 2018 Tentang Jaminan Sosial Pekerja Migran Indonesia pada pasal 3, Calon Pekerja Migran Indonesia atau Pekerja Migran Indonesia yang bekerja ke luar negeri wajib terdaftar dalam kepesertaan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan program Jaminan Kematian (JKM). Program tersebut difasilitasi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu, setelah mendaftar melalui form ini, anda akan mendapatkan kode billing untuk melakukan pembayaran atas kepesertaan jaminan sosial sesuai dengan masa kontrak kerja di luar negeri.

Apakah anda sudah memiliki persyaratan tersebut? (Anda akan diminta untuk melampirkan file hasil scan dari dokumen persyaratan tersebut dalam form registrasi)

PENDATAAN TKI LUAR NEGERI

Silakan masukkan biodata anda di form Registrasi Pendataan TKI Luar Negeri. Persiapkan dokumen pendukung data anda seperti Foto, Paspor, Visa, dan Perjanjian Kerja di Luar Negeri dalam bentuk file (digital) untuk diupload ke SISKOTKLN.