fbpx

Hikmah dari kecelakaan yang dialami oleh Korban Meninggal Dunia Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah

Home  >>  Info Safety  >>  Hikmah dari kecelakaan yang dialami oleh Korban Meninggal Dunia Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah

Hikmah dari kecelakaan yang dialami oleh Korban Meninggal Dunia Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah

On November 4, 2021, Posted by , In Info Safety, With Comments Off on Hikmah dari kecelakaan yang dialami oleh Korban Meninggal Dunia Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah
FOTO ISTIMEWA

Vanessa Angel, Suami Tewas Akibat Kecelakaan

Kabar kecelakaan datang dari Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim bahwa terjadi kecelakaan tunggal  di KM. 672+300/ A ruas Tol Jombang Mojokerto, pada hari Kamis tanggal 04 – 11 – 2021; jam 12.36 wib. 2  Korban meninggal dunia yakni Vanessa Adzaia / V Angel dan Febri Andriansyah, suami V Angel.

Sedangkan Asisten Rumah tangga Siska Lorenza, Gala Sky anak mereka dan Tubagus Joddy yang merupakan Assitent Manager V Angel merangkap supir selamat.

 

Siang itu Mitsubishi Pajero B 1264 BJU warna putih yang dikendarai oleh Tubagus Joddy melewati KM 672 tergelincir dan menabrak pembatas jalan sebelum akhirnya melintir dan melempar tubuh Vanessa Angel ke jalanan.

Semula kendaraan Pajero nopol B 1264 BJU berangkat dari Jakarta. Setiba di KM. 673+300/ A ruas tol Jomol, kendaraan tersebut tiba – tiba menabrak beton pembatas kiri ruas tol . Akhirnya kendaraan pajero tersebut terpelanting Dan berputar berhenti di lajur cepat. Situasi pada saat kejadian arus lalin landai lancar cuaca cerah.

Banyak cuitan yang beredar yang menginformasikan bahwa Tubagus joddy sempat mengunggah di Insta Story di Km 555 pada pukul 11.52 sementara kecelakaan terjadi pada pukul 12.36 sehingga diduga kecepatan pengemudi sekitar 160 KPJ.  Adalah suatu hal yang aneh Tubagus Joddy masih sempat mengunggah Video Kecepatan kendaraannya sementara dia sedang mengemudi. 

Banyak yang menduga bahwa terjadi kelalaian yang dilakukan oleh Pengemudi.  Yang jelas adalah melebih kecepatan di jalan tol yang seharusnya kecepatan yang diperbolehkan adalah maksimum 100 KPJ. Apabila betul yang mengunggah adalah Tubagus Joddy maka terjadi kelalaian yang berujung hilangnya nyawa orang lain.

Ingat kecelakaan yang menimpa Saiful Jamil 8 tahun lalu yang mengakibatkan kematian Istri  Virginia Anggraini yang baru di nikahinya ? pada tanggal 3 september 2011 lalu.  Hal ini berujung bui bagi Saiful Jamil yang di penjara selama 5 bulan.

Sesuai dengan Pasal 359 KUHP: “Barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan orang lain mati, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun.” Dalam hukum pidana kelalaian, kesalahan, kurang hati-hati atau kealpaan disebut culpa.

 

Pertama, kalau anda mengemudi maka anda harus fokus. Mengemudi adalah pekerjaan yang serius. Kalau benar Tubagus Joddy itu mengemudi sambil memainkan Hand Phone maka dia bisa dihukum karena kelalaian dengan pemberatan. Ingat Penumpang adalah tanggung jawab pengemudi, oleh karena itu adalah wajib bagi pengemudi untuk mengingatkan penumpang untuk selalu mengenakan Safety Belt apapun kondisinya.  Anak yang berada di dalam mobil wajib menggunakan ChildSeat agar tidak terlempar saat terjadi benturan.  

Kedua, pengemudi harus siap mental dan fisik apalagi perjalanan jauh seperti yang dilakukan Vanessa Angel. Pastikan bahwa anda tidak terpengaruh orang lain yang lajunya lebih cepat. tidak offensive atau ugal ugalan.  Pastikan tubuh anda dalam keadaan prima, pandangan mata bisa melihat jauh kedepan, respond yang baik, tidak minum minuman keras atau obat yang mempengaruhi reaksi mengemudi.

Ketiga, pastikan bahwa anda menguasai kendaraan yang dikemudikannya, mengetahui karakter kendaraannya, body roll kendaraan, jarak pengereman dan sensifitas kemudinya. Setiap mobil mempunyai karakter yang berbeda  tentunya kita sebagai pengemudi wajib menyesuaikannya. Kembali menilik kasus kecelakaan V Angel. Ternyata itu adalah mobil milik Bibi Ardiansyah yang dikemudikan oleh Joddy. Bisa jadi Joddy belum terbiasa mengemudikan kendaraan tersebut.

Perlu juga anda ketahui karakter jalan yang anda lalui. Seperti kita ketahui jalan tol Jakarta -Probolinggo timur sebagian mulus sebagian masih bergelombang sehingga terkadang membuai kita untuk menekan gas. Tapi ingat beberapa tempat ada gelombang yang bisa mmebuat anda mendadak harus mengurangi kecepatan.

Micro Sleep adalah hantu paling berbahaya dalam perjalanan jarak jauh, Kalau anda mengendara antara jam 2.00 pagi hingga jam 06.00 pagi dan anda sudah mengemudi selama 4 jam, niscaya mata anda akan berat dan bisa tiba tiba terpejam tanpa anda sadar. Ini lah yang dinamakan microsleep, dimana mata anda akan tertutup hanya sekejap, namun arah kendaraan anda akan berubah. Inilah penyebab banyaknya terjadi kecelakaan.

Istirahat setelah 4 jam mengemudi adalah sangat disarankan agar anda kembali bugar dan merasa nyaman kembali saat mengemudi

Terakhir.  Terapkan defensive driving atau mengemudi antisipatif, Ingat bahwa jalanan adalah milik bersama, oleh karenanya hargai pengguna jalan. Kalau anda ingin ngebut tempatnya adalah disirkuit bukan di jalanan.

Salam Safety

Wijaya Kusuma S. /British Safety Council Member/ DDT Master Trainer/BNSP Certified Trainer/SDC Certified Trainer/Tenaga Ahli Korlantas

TUBAGUS JODDY yang diduga main HP saat mengemudi
Please follow and like us:
Comments are closed.
X