Apa yang harus anda siapkan untuk riding jarak jauh?

Home  >>  Safety Riding  >>  Apa yang harus anda siapkan untuk riding jarak jauh?

Apa yang harus anda siapkan untuk riding jarak jauh?

On March 5, 2019, Posted by , In Safety Riding, With No Comments

Mempersiapkan perjalanan jarak jauh membutuhkan perencanaan yang matang. Beberapa hal harus anda pikirkan diantaranya memutuskan rute, jalur mana yang akan diambil, kemudian barang yang dibawa anda masukan dalam bagasi mobil Anda. Tetapi bagaimana jika kendaraan Anda adalah sepeda motor?

Motor tidak mempunyai kemewahan ruang, Anda perlu mengemas apa yang Anda butuhkan untuk perjalanan dengan sepeda motor Anda. Kami menyusun daftar tentang hal-hal penting untuk perjalanan sepeda motor dari pengendara yang berpengalaman.

Sebelum Anda menyusuri jalan raya, berikut adalah 22 hal yang harus Anda miliki dalam daftar pengepakan perjalanan sepeda motor Anda:

Daftar Periksa Perjalanan Sepeda Motor

    1. Periksa motor Anda

Pertama dan terpenting, pastikan semua piranti di sepeda motor Anda dalam kondisi bekerja dan berfungsi 100%. Sebaiknya diservis sebelum Anda pergi – Oli diganti, Minyak rem kalau sudah keruh sebaiknya di ganti , dikalibrasi ulang setelah rem, gas dll, sistem bahan bakar dibersihkan, sistem listrik diperiksa, dan ban diperiksa baik tekanan dan kembangannya

2. Kit tambal ban anda 

Bawa kit  tambal ban dengan sistem inflasi ban CO2 atau pompa kecil.

3. GPS

Bawa sistem atau peta GPS portabel, atau anda gunakan handphone dengan X Mount Phone holder. (anda bisa beli disini  )

4. Kenakan helm

Saat mengendarai, selalu kenakan helm wajah penuh alias full face untuk proteksi anda. Usahakan menggunakan helm yang mempunyai standar internasional dan melindungi anda dari kecelakaan maupun perlindungan cuaca.

5. Penyumbat telinga,

Penyumbat telinga khusus dapat meminimalkan kebisingan angin dan melindungi telinga Anda.

6. Sarung tangan ekstra

Adalah bijaksana untuk membawa sepasang sarung tangan ekstra . Taruh di bagasi anda dan bisa anda gunakan jika sarung tangan utama Anda robek atau hilang.

BACA JUGA  Dulu Gubernur Ahok Melarang Siswa Naik Motor Kesekolah

7. Alas kaki yang tepat

Pastikan Anda memiliki sepatu bot Anda, atau riding shoe yang khusus untuk tuouring agar kaki anda terlindungi dari hujan jika cuaca buruk.

8. Bandana atau penutup leher

Jika Anda melakukan perjalanan musim panas, bungkus leher pendingin dapat membuat berkendara dalam suhu yang panas jauh lebih nyaman.

9. Multiclimate Jacket

Bagi mereka yang menikmati naik sepeda motor pada musim dingin, atau melewati daerah dengan musim yang berbeda maka  setelan safety gear motor yang dapat tahan dalam segala cuaca adalah penting dan dapat membantu Anda tetap hangat dan hangat di jalan. Tetapi kalau anda berada di iklim tropis maka sebaiknya anda menggunakan jaket yang mesh. 

10. Jas hujan

Jangan terjebak dalam keadaan cuaca yang tidak menentu tanpa peralatan yang tepat. Kalau anda menggunakan jacket mesh untuk tropis maka anda perlu jas hujan dan celana hujan, jangan lupa membawa perlengkapan anti cuaca Anda.

11. Kacamata pelindung

Penting untuk memiliki kacamata pelindung saat Anda berada di jalan, termasuk kacamata hitam dan kacamata hujan / malam. Kacamata malam ini diperlukan bila anda jalan malam, biasanya berwarna kuning dan menjaga agar mata anda tidak silau.

12. Kompartemen atau Bagasi tahan air

Jika Anda akan menerjang hujan, Pastikan barang-barang Anda tetap kering dengan side bag atau box yang tahan air.

13. Tali Bungee

Bagasi yang longgar di jalan bisa menjadi mimpi terburuk pengendara sepeda motor. Bawa serta tali dan jaring bungee untuk mengamankan barang bawaan dan barang longgar.

14. Tas travel

tas pinggang yang memungkinkan akses mudah ke kebutuhan (ponsel, peta, kacamata, dll.) Bisa menjadi penyelamat di jalan.

BACA JUGA  RISIKO DAN POTENSI BAHAYA SAAT BERKENDARA SEPEDA MOTOR 

15. Dokumen

Simpan dokumen yang diperlukan Anda, termasuk ID Anda, STNK motor, SIM informasi asuransi dan info bengkel membantu anda apa bila terjadi sesuatu .

16. Kantong kresek kedap air

Jika Anda tidak membawa barang bawaan, setidaknya bawa plastik atau tas zip-top agar barang tetap kering, terutama dompet, stnk motor anda.

17. Kunci atau tools yang penting 

Menduga apa yang tidak terduga, biasakan anda membawa  kunci pas, soket, dan alat lain yang khusus untuk sepeda motor Anda. Anda akan terhindar dari masalah kalau anda membawa perangkat atau tools yang dapat membantu anda dalam keadaan darurat.

18. Alat lain-lain

Alat-alat seperti pompa udara, lampu senter, lampu emergensi , ikatan kabel (cable ties), lakban, pisau Swiss Army dan banyak lagi dapat membantu dalam perjalanan.

19. Peralatan P3K

Itu selalu ide yang baik untuk membawa perlengkapan pertolongan pertama dasar yang dapat membantu cenderung cedera ringan.

20. Air di botol

Menghindari dehidrasi di jalan itu penting. Bawalah setidaknya 2 botol besar  air agar Anda tidak merasa haus.

21. Pakaian yang tepat 

Mengenakan pakaian yang tepat dapat membuat anda tetap nyaman dalam berkendara, Gunakan pakaian yang gampang menyerap keringat apabila anda dimusim kemarau, gunakan pakaian dingin apabila anda berada di daerah musim dingin.  Helm full-head, sarung tangan hangat, sepatu bot untuk motor, dan peralatan lain adalah beberapa hal yang harus Anda miliki dalam daftar.

Barang-barang ini penting untuk dikemas, tetapi menyelesaikan  kursus keselamatan yang disetujui  dapat mempersiapkan Anda untuk perjalanan panjang dengan sepeda Anda dan dapat menghemat uang untuk polis asuransi sepeda motor Anda  .

Penulis : wijaya kusuma subroto 0811802633

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *