fbpx

Berapa biaya Perjalanan Keliling Dunia

Ketika semakin banyak orang berangkat untuk berkeliling dunia, banyak informasi online tentang: pilihan sepeda untuk keliling dunia, tips pengepakan, visa dan informasi lintas batas . Tetapi berapa biaya yang sebenarnya untuk melakukan perjalanan dunia menggunakan sepeda motor?

Jawabannya bervariasi: sebagian besar pengendara veteran setuju bahwa ini semua tergantung pada kemauan dan tingkat kenyamanan Anda. Untuk beberapa orang, berkemah dan memasak makanan mereka sendiri tampak alami dan ngirit sedangkan lainnya merasa tidak nyaman jika mereka tidak bisa menginap di hotel dan makan malam di restoran. Beberapa orang juga tidak menutup asuransi kesehatan yang mahal dan memilih untuk layanan medis lokal sebagai gantinya.

Untuk mengetahui berapa banyak uang yang dihabiskan pengendara ketika mereka berkendara di seluruh dunia, maka kami berbicara dengan petualang yang berbeda mulai dari biaya yang minimalis hingga anggaran budget tapi terjangkau.

The Minimalis

Mengendarai sepeda motor , berkemah dialam bebas, memasak makanan Anda sendiri, dan memperbaiki sepeda sendiri dapat menghemat biaya melakukan perjalanan dunia secara dramatis. Jika hidup seadanya adalah sesuatu yang Anda sukai, maka cara minimalis menghabiskan $ 35 atau sekitar Rp. 450.000,- (empat ratus lima puluh ribu rupiah) dalam sehari merupakan penghematan luar biasa untuk Anda.

Biaya untuk keliling dunia: Elias Vrohidis mengendarai dunia dengan Honda XR 250

Pengendara: Elias Vrohidis
Sepeda: Honda XR 250
Waktu di Jalan: lima tahun
Benua dikendarai sejauh ini: Eropa, Afrika, Asia
Anggaran harian: $ 15 sehari; total – $ 5.475 per tahun

Elias Vrohidis, seorang petualang dan penulis asal Yunani, mengatakan dia menggunakan tabungannya yang didapat dengan susah payah untuk bepergian. Perjalanan sepeda motor telah lama menjadi impiannya, dan Elias mengaku bahwa dia dulu bekerja dua pekerjaan sekaligus dan tinggal bersama orang tuanya hanya supaya dia bisa menghemat uang untuk bepergian keliling dunia.

Elias menghabiskan rata-rata $ 15 sehari termasuk bahan bakar, makanan, penginapan, visa, dan perawatan motor untuk perjalanannya ke seluruh Eropa, Afrika, dan Asia. “Ya, ini sangat minimalis – tapi sepeda motorku sangat ekonomis, aku tidak perlu berpesta untuk perayaan perjalanan, aku senang berkemah dan tidur di sofa dan mengurus makananku sendiri , ”Kata Elias.

TIP Triks: “Makanlah di tempat penduduk setempat biasa makan! Sebagian besar waktu, saya memasak makanan sendiri untuk menghemat uang, tetapi ketika itu tidak mungkin atau ketika saya terlalu lelah untuk memasak, saya akan menghindari tempat-tempat turis dan pergi ke restoran dan kafe dengan penduduk setempat ada di dalamnya. Dengan begitu, saya tahu makanannya enak – dan murah! ”

Biaya untuk melakukan perjalanan dunia: Anggaran Kevin Hinricksen di jalan

Pengendara: Kevin Hinricksen
Sepeda: Suzuki V-Strom 650
Waktu di Jalan: sejak Januari 2016
Benua dikendarai sejauh ini: Amerika Utara, Tengah dan Selatan
Anggaran harian: $ 35 sehari; total – $ 12.775 setahun

Kevin Hinricksen, seorang pengendara petualangan dari Nevada, mendanai perjalanannya menggunakan tabungan dari penjualan rumahnya dan barang-barang lainnya. “Dalam empat tahun, saya akan mulai mengumpulkan pensiun saya jadi jika saya tidak menghabiskan semua yang saya miliki sampai saat itu, saya baik-baik saja. Saya bepergian dengan santai, dan saya sukarela dari waktu ke waktu untuk menghemat biaya penginapan dan makanan, ”kata Kevin.

TIP Triks : “beli bahan makanan Anda sendiri dan masak makanan Anda sendiri! Merawat makanan sendiri jauh lebih murah daripada makan di restoran. ”


Melakukan pengetatan anggaran adalah hal yang tidak mudah, jadi kami juga berbicara dengan mereka yang biaya untuk melakukan perjalanan dunia sedikit lebih tinggi; hingga sekitar $ 80 sehari. Masih ada banyak berkemah dan memasak yang terlibat, tetapi anggaran harian sekitar $ 60 tampaknya menjadi yang paling populer di antara banyak pengendara.

Biaya untuk melakukan perjalanan dunia: Conway Spencer Yamaha Tenere XT660z

Pengendara: Spencer James Conway
Bike: Yamaha Tenere XT660Z
Waktu di jalan: dua tahun
Benua dikendarai sejauh ini: Afrika dan Amerika Selatan
Anggaran harian: $ 50 sehari; total – $ 18.250 per tahun

Spencer James Conway, pengendara berpengalaman dari Inggris, mendanai perjalanannya sendiri: membuat film dan memproduksi serial TV sendiri di jalan, Spencer menjualnya ke Travel Channel.

Anggaran hariannya sebesar $ 50 mencakup semuanya: makanan, bahan bakar, penginapan, visa, pengiriman sepeda, asuransi, penerbangan, suku cadang, dan perawatan sepeda motor.

 
Biaya untuk bepergian ke dunia: Derek Mansfield Moto Guzzi Stelvio

Pengendara : Derek Mansfield
Bike: Moto Guzzi Stelvio; Moto Guzzi V7
Waktu di Jalan: tujuh tahun 
Benua dikendarai sejauh ini: Eropa, Asia Tengah
Anggaran harian: $ 45 sehari; total – $ 16.425 setahun

Derek Mansfield, seorang pengendara petualangan dan penulis perjalanan dari Inggris, mendanai perjalanannya dengan pendapatan pasif dari penjualan bisnis perangkat lunaknya dan penjualan bukunya. “Aku hampir tidak pernah minum alkohol, banyak tidar di sofa, dan berusaha untuk menjaga pengeluaran agar tetap minimum.”

TIP Triks : Tidur dirumah penduduk akan menghemat banyak uang saat bepergian, dan Anda benar-benar dapat merasakan citarasa dan warna lokal dengan cara ini. Saya akan tinggal di hotel setiap dua minggu sekali, tetapi sebagian besar waktu, itu adalah menginap di penduduk untuk saya.

Biaya untuk keliling dunia: Michnus dan Elsebie Olivier Suzuki DR650

Pengendara: Michnus dan Elsebie Olivier
Bikes: dua Suzuki DR650 (sebelumnya BMW F650 GS Dakar)
Waktu di Jalan: tujuh tahun
Benua dikendarai sejauh ini: Afrika, Eropa, Amerika Utara, Tengah dan Selatan
Anggaran harian: $ 80 sehari ($ 40 sehari) per orang); total – $ 29.200 setahun (untuk kedua pengendara)

Warga Afrika Selatan Elsebie dan Michnus Olivier adalah petualang veteran: Mereka memutuskan untuk hidup di jalan selama mereka merasa menyukainya. Bagaimana mereka membiayai perjalanan mereka? “Dengan hati-hati,” kata Elsebie. “Kami menginvestasikan sedikit uang dalam bisnis properti dan saya mendapatkan uang dari menyewakan rumah kami. Tujuan kami mendapatkan pemasukan pasif sehingga kami dapat melakukan perjalanan dengan bebas, Oleh karena itu kami memulai perjalanan selanjutnya. Dan tentu saja, berada di jalan lebih murah daripada tinggal di rumah, ”jelasnya.

Biaya untuk melakukan perjalanan dunia: Nevil Stow Suzuki DR650 Dual Sport Motorcycle

Pengendara: Nevil Stow
Bike: Suzuki DR650
Waktu di jalan: 5 bulan
Benua dikendarai: Amerika Utara, Asia, Eropa (RTW)
Anggaran harian: $ 94 (sekitar Rp. 1.260.000,-) sehari; total – $ 34.310 per tahun

Nevil Stow, seorang pengendara sepeda motor Kanada, mendanai perjalanannya dengan mengambil sebagian dari tabungan pensiunnya. Dia berada dalam situasi yang unik: sebagai penderita stroke, Nevil ingin berkeliling dunia sesegera mungkin tetapi karena keterbatasan waktu, hanya punya 150 hari untuk melakukannya. “Dalam perjalanan keliling dunia ini, saya tidak diatur oleh keuangan, tetapi saya diatur oleh waktu. Menjadi penderita stroke, saya juga ingin hidup dalam kenyamanan sehari-hari, ”jelas Nevil.

Biaya untuk bepergian ke dunia: Brian Thiessen BMW R1200GS Adventure Motorcycle

Pembalap: Brian Thiessen
Sepeda: BMW R1200GS
Waktu di Jalan: 16 bulan
Benua dikendarai sejauh ini: Amerika
Anggaran harian: $ 106 sehari; total – 38.690 setahun

Brian Thiessen, seorang pengendara berpetualangan asal Kanada, mengatakan dia menggunakan dana pensiunnya untuk bepergian. “Pada tahun terakhir bepergian, saya pulang dua kali untuk mengunjungi anak-anak dan cucu-cucu saya. Jika saya tidak memiliki pengeluaran itu, anggaran harian saya akan menjadi sekitar $ 95 sehari. Saya pikir  Anda harus menyesuaikan tingkat kenyamanan minimum Anda dengan penghasilan Anda untuk menikmati perjalanan darat Anda. Misalnya, untuk benar-benar menikmati petualangan saya, saya perlu mandi setiap hari, yang meningkatkan pengeluaran. Tetapi bagi saya, ini adalah hidup, bukan hanya perjalanan, jadi saya ingin menikmatinya, ”kata Brian.

Hayo anda type yang mana boros atau irit ?

Please follow and like us:
X