10 Tips terbaik untuk keselamatan berkendara

MEMILIKI rencana untuk berpergian dalam waktu dekat ini? Jika iya, pastikan untuk melatih dan mencoba tips in da keselamatan berikut ini sebelum dan sesudah perjalanan:

1. Makan dan Istirahat yang Cukup – Sebelum memulai perjalanan jauh, pastikan Anda cukup istirahat dan makan sesuatu sebelum perjalanan. Mengkonsumsi minuman energi yang menggandung kafein tidak disarankan untuk menjaga Anda terjaga selama perjalanan. Karena efek minuman energy itu akan semakin surut seiring waktu dan dapat menggangu konsentrasi Anda dalam berkendara.

© dcarlbom/Flickr

 

 

2. Pastikan Mobil Anda Laik Jalan – Sejatinya suatu mobil butuh perawatan rutin. Kapan terakhir kali Anda mengganti oli, ban atau mengisi bahan bakar? Tetap menjaga kendaraan mampu mengurangi resiko di jalan raya.

 

3. Pakai Sabuk Pengaman – Fitur sabuk pengaman merupakan alat yang penting dan sudah dikenal mampu mengurangi imbas tabrakan dan banyak menyelamatkan banyak nyawa di jalan raya. Pastikan Anda dan penumpang sudah memasang sabuk pengaman sebelum berkendara.

© twicepix/Flickr

 

 

4. Perhatikan Cuaca – Jika memungkinkan, rencanakan rute berpergian Anda sesuai dengan cuaca. Sedikit perubahan rute bisa menghemat waktu Anda. Perhatikan juga ada baiknya Anda keluar dari jalur jika terjadi banjir atau cuaca buruk lainnya.

 

5. Tanggalkan Telepon Anda – Perhatikan soal peraturan yang melarang pengemudi untuk bertelepon selama mengendarai kendaraan. Jika bisa ada baiknya Anda menggunakan hand free untuk menggunakan telepon, sehingga tidak mengganggu konsentrasi berkendara Anda.

© mike_s_etc/Flickr

 

 

6. Jangan sampai Bensin Tiris – Pastikan Anda jangan menunggu indikator bensin menunjuk huruf E dan Anda harus isi bensin. Di jalan yang tidak Anda kenal, kita tidak mengetahui dimana stasiun pengisian bahan bakar selanjutnya. Jika indikator sudah menunjukan seperempat kosong, mulailah cari stasiun pengisian bahan bakar.

 

7. Simpan barang berharga – Jauhkan barang berharga anda dari kursi atau tempat yang tersembunyi. Bawalah barang berharga dan mahal saat Anda keluar dari kendaraan. Jika bisa masukan barang-barang itu ke dalam ruang penyimpanan di dalam mobil.

© viodyna/Flickr

 

 

8. Bantuan di Jalan dan Asuransi – anda tidak akan pernah mengetahui kapan anda membutuhkan mobil derek atau mesin kendaraan anda mogok dalam perjalanan.Periksa dulu secara online perusahaan asuransi, hal itu penting agar anda tidak merasa sendirian dan aman di perjalanan.

 

9. Nyalakan Lampu Besar – Selalu berkendara dengan lampu depan menyala. Hal itu akan membuat mobil Anda terlihat oleh pengendara lain lebih dekat 4 kali dari kejauhan.

© Santapanter Photography/Flickr

 

 

10. Tetap Fokus – Pastikan untuk terus memerhatikan rambu-rambu lalu lintas agar perjalanan berkendara Anda tetap aman di jalan raya dan sekitarnya.